Friday, March 16, 2012

prinsip

setiap orang memiliki prinsipnya masing-masing dalam menjalani kehidupan dan tidak ada satu orang pun yang berhak menghakimi prinsip orang lain hanya karena tidak sesuai dengan prinsip yang dipegangnya. memang terkadang kita merasa gemas dengan tindakan orang lain yang menurut kita salah, tetapi itulah pilihannya. setiap orang memiliki hak asasi untuk memilih, apalagi memilih jalan hidupnya sendiri. tidak ada satupun orang yang berhak mengaturnya.

berbicara masalah prinsip, sebenarnya masih banyak orang yang ternyata goyah akan prinsip yang dipegangnya sendiri. banyak faktor yang mempengaruhi kegagalan dalam berprinsip. tetapi apa itu sebuah kesalahan? apakah seseorang itu dapat dikatakan bersalah atau bodoh ketika dia mematahkan prinsipnya sendiri? atau mungkin seseorang boleh dikatakan bodoh karena terlalu mengikuti prinsip hidupnya? kembali lagi bahwa prinsip itu merupakan pilihan dan pilihan tidak membuat seseorang menjadi salah ataupun bodoh.

hebat sebenarnya orang yang mampu memegang prinsipnya dengan kuat. mereka mampu mempertahankan segala sesuatu yang mereka anggap benar apapun keadaannya. itu hal yang sangat sulit karena pengaruh lingkungan sangat besar. tetapi orang yang mengubah prinsip hidupnya juga bukan berarti orang yang lemah. mereka hanya menyesuaikan apa yang mereka yakini dengan lingkungan sekitar mereka. tidak ada salahnya melakukan apa yang kita anggap benar walaupun akhirnya kita harus mengubah prinsip hidup kita sendiri.

No comments:

Post a Comment